Selasa, 11 Oktober 2011

Haji Tamattu'


Haji Tamattu'
Yaitu memakai ihram dari mikat dengan niat umrah pada musim haji, setelah tahallul, memakai ihram lagi dengan niat haji pada hari Tarawiah (8 Zulhijah). Bagi yang melaksanakan haji tamattu diwajibkan membayar dam


Berihram Dari Mikat
Mikat Waktu
ktu haji, mulai dari awal bulan Syawal sampai sepuluh Zulhijah
Batas Tanah Haram
Lokasi:
Tan'im : Terletak sekitar jalan menuju Madinah, kira-kira enam Km. dari Mekah.
Wadi Nakhlah : Terletak di Timur Laut ke arah Irak, sekitar 14 Km. dari Mekah.
Ji`ranah : Terletak di arah Timur sekitar 16 Km. dari Mekah.
Adhah : Terletak sekitar jalan menuju Yaman, kira-kira 12 Km. dari Mekah.
Hudaibiah : Terletak di arah Barat, jalan menuju Jeddah. Sekarang dinamakan dengan Syamaisi sekitar 15 Km. dari Mekah.
A`lam adalah batu-batu (Tugu) pahatan setinggi satu meter yang terletak di tepi-tepi jalan tersebut
Mikat Lokasi
Mikat-mikat lokasi yang ada dalam nash (teks):
Zul Hulaifah, untuk penduduk Madinah, Juhfah, untuk penduduk Syam, Qarnulmanazil, untuk penduduk Najd, Yalamlam, untuk penduduk Yaman. Beliau bersabda, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF
" Inilah mikat-mikat untuk mereka dan untuk orang lain yang datang melewatinya dengan maksud ingin melaksanakan ibadah haji dan umrah. " http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIFBarangsiapa yang tidak sampai batas-batas tersebut, maka ia berihram dari rumahnya sendiri. Demikian pula penduduk Mekah, mereka niat ihram dari Mekah. Hal ini sudah merupakan kesepakatan para ilmuan.
Juhfah
Juhfah adalah mikat penduduk Mesir, Syam dan siapa saja yang datang melewatinya.
Zul Hulaifah
Zul Hulaifah adalah mikat penduduk Madinah, sebuah sumber air minum Bani Jasyum yang sekarang dinamakan dengan Abar (Bir) Ali. Inilah mikat yang paling jauh, sekitar 450 Km. dari Mekah. Unta menempuh jarak ini dalam waktu sembilan hari perjalanan dengan kecepatan 50 Km sehari atau empat Km. per-jam. Jarak ini dinamakan "satu marhalah".
Qarnul Manazil
Adalah gunung Musyrif di Arafah. Gunung ini dikatakan Qarnul Manazil, mikat penduduk Taif dan siapa saja yang datang melewatinya.
Zatu Irq
Dinamakan Zatu Irq karena di sana terdapat gunung Irq yang mengelilingi lembah bernama lembah Aqiq. Lembah ini adalah lokasi perkampungan yang terletak dua marhalah (900 Km) dari Mekah. Mikat ini tidak termasuk mikat yang disebut dalam hadis Rasulullah saw, tetapi sudah disepakati oleh para ulama.
Yalamlam
Yaitu nama satu gunung dari pegunungan Tuhamah yang terletak sekitar dua marhalah dari Mekah. Inilah mikat penduduk Yaman.

Tawaf Qudum
Mekah
Allah Taala menamainya dengan Umul Qura, seperti disebutkan dalam firman-Nya:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFلِتنذر أم القرى ومن حولها http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya: " Supaya kamu memberi peringatan kepada Umul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya. "
Allah juga menamainya dengan Baladul Amin, sesuai firman-Nya:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFوالتين والزيتون وطور سينين وهذا البلد الأمين http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, " Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, dan demi bukit Sinai, dan demi kota (Mekah) ini yang aman. "/50 Sebagaimana Allah juga berfirman:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFلاأقسم بهذا البلد http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, " Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah). "/50 Di dalam kota Mekah terdapat Rumah Tua yang Allah Taala telah berfirman:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFوليطوفوا بالبيت العتيق
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIFArtinya, " Hendaklah mereka melakukan tawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah). "
Allah Taala juga berfirman:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFجعل الله الكعبة البيت الحرام قياما للناس http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya "Allah telah menjadikan Kakbah, rumah suci itu sebagai pusat (peribadatan dan urusan dunia) bagi manusia."
Nabi Ibrahim as. telah berdoa untuknya:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFوإذ قال إبراهيم رب اجعل هذا البلد آمنا واجنبني وبني أن نعبد الأصنام http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah) negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala."
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFوإذ قال إبراهيم رب اجعل هذا بلدا آمنا وارزق أهله من الثمرات من آمن منهم بالله واليوم الآخر قال ومن كفر فأمتعه قليلا ثم أضطره إلى عذاب النار وبئس المصير http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, "Ingatlah, ketika Ibrahim berdoa, "Ya Tuhanku! Jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa dan berikanlah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya yang beriman kepada Allah dan hari kemudian." Allah berfirman, "Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa mereka menjalani siksa neraka, itulah seburuk-buruk tempat kembali."
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFوإذ جعلنا البيت مثابة للناس وأمنا واتخذوا من مقام إبراهيم مصلى، وعهدنا إلى إبراهيم وإِسماعيل أن طهرا بيتي للطائفين والعاكفين والركع السجود http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, "Ingatlah, ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat salat, telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, yang iktikaf, yang rukuk dan yang sujud."
Lewat lidah Nabi Ibrahim as. Allah Taala berfirman:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFربنا إني أسكنت ذريتي بواد غير ذي زرع عند بيتك المحرم http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, "Ya Tuhan kami! Sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanaman-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati."
Ketika kaum kafir Quraisy mengeluarkan Rasulullah saw. dari Mekah, beliau berdiri di atas sebuah gunung dan memandang ke arah kota Mekah dan gunung-gunung yang mengelilinginya seraya bersabda, "Sesungguhnya aku tahu bahwa engkau (Mekah) adalah negeri yang paling aku cintai dan engkau adalah bumi yang paling dicintai oleh Allah, kalau seandainya orang-orang musyrik tidak mengusirku, niscaya aku tidak akan keluar dari tempatmu."
Dalam kitab Sahih Bukhari dan Sahih Muslim disebutkan,bahwa, " Rasulullah saw. bersabda "Sesungguhnya negeri ini telah diharamkan oleh Allah pada saat Allah menciptakan langit dan bumi, dan dia akan tetap menjadi tanah haram -karena Allah telah mengharamkannya- sampai hari kiamat. "
Pada saat pembebasan kota Mekah, Rasulullah saw. juga pernah berdiri di dekat jumrah Aqabah seraya bersabda,"Demi Allah! Engkau adalah sebaik-baik bumi Allah, dan engkau adalah bumi Allah yang paling aku cintai, seandainya saja aku tidak diusir, niscaya aku tidak akan keluar. Dia (Mekah) tidak halal bagi semua orang sejak sebelumku, dan juga tidak halal bagi semua orang sesudahku, dan yang dihalalkan kepadaku hanyalah sesaat saja pada siang hari itu, kemudian setelah itu dia haram. Tumbuhannya tidak boleh dicabut, binatang-binatangnya tidak boleh diburu dan barang-barang temuannya tidak boleh diambil kecuali untuk diumumkan."
Mekah adalah tanah haram Allah dan tanah haram Rasulullah saw. barang siapa yang memasukinya, maka dia akan aman.
Zikir dan Doa
اللهم هذا حرمك وأمنك فحرِّمّني على النار, وآمني من عذابك يوم تبعث عبادك واجعلني من أوليائك وأهل طاعتك. وكان رسول الله (صلى الله عليه وسلم) إذا دخل مكة يقول أيضا:
Artinya, "Ya Allah! Kota Mekah ini adalah tanah haram-Mu dan Engkau yang memberi keamanan di dalamnya, maka haramkanlah atas diriku api neraka dan selamatkanlah aku dari azab-Mu, pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu dan jadikanlah aku termasuk wali-Mu dan termasuk orang-orang yang taat kepada-Mu. "
Ketika memasuki kota Mekah beliau berdoa:
اللهم لا تجعل منايانا بها حتى تخرجنا منها
Artinya, "Ya Allah! Janganlah Engkau jadikan kematian kami padanya sampai Engkau mengeluarkan kami daripadanya."
Bagi orang yang sedang dalam keadaan ihram, ketika melihat kota Mekah hendaklah membaca:
اللهم اجعل لي بها قرارا وارزقني فيها حلالا
Artinya, "Ya Allah! Jadikanlah bagiku tempat yang baik di dalamnya dan berilah aku rezeki yang halal padanya."




Masjidilharam
Allah menamai Masjililharam atau Kakbah dengan Baitul Atiiq (rumah yang dibebaskan), karena Allah telah membebaskannya dari orang-orang yang zalim. Tidak ada yang berbuat zalim kepadanya. Seperti Allah telah mengirim burung-burung ababil kepada Raja Abrahah dan tentaranya ketika mereka bermaksud hendak menghancurkan Kakbah.
Allah juga membebaskan orang-orang yang menziarahinya dari azab neraka, ketika Allah mematikan mereka dalam keadaan tauhid dan dalam keadaan Islam.
Kakbah dibangun oleh bapak para nabi, Ibrahim a.s., beserta anaknya, Ismail a.s. atas perintah Allah swt. Firman Allah Taala:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFوإذ يرفع إبراهيم القواعد من البيت وإسماعيل ربنا تقبل منا إنك أنت السميع العليم http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, " Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) fondasi Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), "Ya Tuhan kami! Terimalah amal kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." Dengan demikian, Nabi Ibrahim telah membangun mesjid yang paling mulia di atas bagian tanah yang paling mulia. Allah telah mengkhususkan Masjidilharam sebagai salah satu mesjid yang tidak ada perjalanan yang harus dipersiapkan kecuali kepadanya dan kepada Mesjid Nabawi dan Masjidilaksa. Sebagaimana Allah juga melipatgandakan pahala salat di Masjidilharam seratus ribu kali lipat dari salat di mesjid-mesjid biasa.
Doa Masuk Mesjid
أعوذ بالله العظيم وبوجهه الكريم، وسلطانه القديم، من الشيطان الرجيم الحمد لله، بسم الله اللهم صل على محمد رب اغفرلى ذنوبي، وافتح لى أبواب رحمتك
Artinya, " Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, dan dengan zat-Nya Yang Mulia, dan kekuasaan-Nya yang lama, daripada syaitan yang terkutuk. Segala puji bagi Allah, dengan nama Allah, Ya Allah berikanlah keselamatan bagi Nabi Muhammad saw., Ya Allah ampunilah segala dosa-dosaku, dan bukalah pintu-pintu rahmat-Mu."




















Kakbah
Etika memasuki Kakbah: Mandi, bersuci, tidak berdesak-desakan, menghadirkan rasa khusyu dan rasa rendah diri di dalam hati sedang matanya menangis, tidak mengarahkan pandangan ke atap Kakbah sebagai ungkapan rasa hormat atas kebesaran Allah swt., selalu berzikir kepada Allah.
Diriwayatkan dari Aisyah ra., dia berkata, "Sungguh aneh bagi seorang muslim, jika memasuki Kakbah mengarahkan pandangannya ke arah atap. Seyogyanya dia tinggalkan yang demikian sebagai ungkapan rasa hormat atas kebesaran Allah." Rasulullah saw. pernah memasuki Kakbah sedang pandangannya selalu ke arah tempat sujud sampai keluar ./50 Pahala memasuki Kakbah:
Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa yang memasuki Kakbah lalu salat di dalamnya berarti dia telah memasuki kebaikan dan keluar dari kejelekan, dan segala dosanya telah diampuni." Dan dalam ungkapan lain, "dia keluar dalam keadaan bersih dari osa."
Ibnu Umar berkata tentang etika masuk Kakbah, "Masuk ke dalam kebaikan dan keluar dari kejelekan."/50 Atha' juga berkata, "Salat di dalam Kakbah dua rakaat lebih saya sukai dari pada salat di Masjidilharam."
Dari Yahya bin Ju`dah bin Hubairah, tentang firman Allah Taala:
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFومن دخله كان آمنا
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIFKeutamaan memandang Kakbah:
Al Hafiz, Abu Thahir As Salafi pernah membaca beberapa bait syair karyanya sendiri ketika dia memasuki Kakbah:
Apakah setelah masuk ke dalam Kakbah Allah akan menjamin
Apakah kejelekan dan kesalahan masih tetap bertumpuk
Tentunya akan diampuni bahkan seluruhnya akan dimaafkan
Semuanya akan kembali dalam keadaan gembira dan aman
Keutamaan memandang Kakbah:
Ibnu Abbas ra. berkata, "Memandang Kakbah mensucikan iman." Hamad bin Abi Salamah berkata, "Orang yang memandang ke arah Kakbah seperti orang yang bersusah payah dalam melaksanakan ibadah lainnya."
Mujahid berkata, "Memandang Kakbah adalah ibadah."
Atha barkata, "Memandang Baitullah (Kakbah) adalah ibadah."
Said bin Musayyab berkata, "Barang siapa yang memandang Kakbah dengan penuh keimanan dan keyakinan, akan keluar dari segala kesalahan-kesalahannya laksana baru dilahirkan oleh ibunya."
Zikir dan Doa
Ada riwayat yang menyebutkan bahwa berdoa ketika memandang Kakbah adalah mustajab, di antara doa-doa yang terdapat dalam hadis-hadis:
اللهم زد هذا البيت تشريفا وتعظيما وتكريما ومهابة، وزد من شرفه وكرمه ممن حجه أو اعتمره تشريفا وتعظيما وبرا
Artinya, "Ya Allah! Tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan
kemegahan untuk rumah ini (Kakbah), dan tambahkanlah kemuliaan, keagungan dan kebaikan bagi orang yang telah memuliakannya dan menghormatinya dari orang-orang yang haji atau yang umrah."
lalu mengucapkan:
اللهم أنْت السلام، ومنك السلام، حينا ربنا بالسلام

Artinya, "Ya Allah Yang Memberikan segala keselamatan! Dari Engkaulah segala keselamatan, hidupkanlah kami dalam keselamatan, ya Allah."
اللهم إن هذا الحرم والبلد بلدك والأمن أمنك، والعبد عبدك، جئتك من بلاد بعيدة، بذنوب كثيرة وأعمال سيئة، أسألك مسألة المضطرين إليك، المشفقين من عذابك، أن تستقبلني بمحض عفوك، وأن تدخلني فسيح جنتك، اللهم هذا حرمك وحرم رسولك، فحرم لحمي ودمي وعظمي على النار، اللهم آمني من عذابك يوم تبعث عبادك
Artinya, "Ya Allah! Sesungguhnya tanah haram ini adalah tanah haram-Mu, negeri ini adalah negeri-Mu, keamanan adalah keamanan dari-Mu dan hamba adalah hamba-Mu. Aku datang kepada-Mu dari negeri yang jauh dengan membawa dosa yang banyak dan dengan perbuatan-perbuatan yang jelek. Aku bermohon kepada-Mu sebagai orang yang sangat membutuhkan-Mu, yang takut akan azab-Mu. Terimalah aku dengan segala ampunan-Mu dan masukkanlah aku ke dalam keluasan surga-Mu. Ya Allah, tanah haram ini adalah tanah haram-Mu dan tanah haram Nabi-Mu, maka haramkanlah dagingku, darahku dan tulangku dari api neraka. Ya Allah, selamatkanlah aku dari azab-Mu pada saat Engkau bangkitkan hamba-hamba-Mu."



Multazam
اللهم لك الحمد حمدا يوافي نعمك، ويكافئ مزيدك، أحمدك بجميع محامدك، ما علمت منها وما لم أعلم على جميع نعمك ما علمت منها وما لم أعلم وعلى كل حال.
Artinya, "Ya Allah, segala puji bagi-Mu yang memenuhi segala nikmat-Mu dan mencukupi segala tambahan-Mu. Aku memuji-Mu dengan segala pujian-pujian untuk-Mu, yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui, atas segala nikmat-Mu yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui, dan atas segala keadaan."
اللهم صل وسلم على محمد وعلى آل محمد، اللهم أعذني من الشيطان الرجيم، وأعذني من كل سوء، وقنعني بما رزقتني وبارك لي فيه
Artinya, "Ya Allah, salawat (keselamatan) atas Muhammad saw. dan keluarga Muhammad saw. Ya Allah, lindungilah aku daripada syaitan yang terkutuk dan lindungilah aku dari segala keburukan dan jadikanlah aku puas dengan apa yang telah Engkau rezkikan kepadaku dan berilah aku keberkahan padanya."
اللهم اجعلني من أكرم وفدك عليك، وألزمني سبل الاستقامة حتى ألقاك يا رب العالمين
Artinya, "Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang paling mulia di antara utusan-utusan yang datang kepada-Mu, dan tetapkanlah aku pada jalan-jalan yang lurus sampai aku menemui-Mu, ya Allah, Tuhan sekalian alam."


Hajar Aswad
1. Dari Tsabit, bahwa Rasulullah saw. mencium hajar aswad, begitu juga para sahabat setelah beliau dan orang-orang muslim seluruhnya sampai hari kiamat juga mengikuti perbuatan ini.
2. Umar bin Khatab ra. pernah memperingatkan orang-orang dari meyakini adanya manfaat dan mudarat pada apa saja selain yang Haq yaitu Allah Taala. Dalam hadis sahih disebutkan, bahwa Umar bin Khatab ra. berkata, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF
"Demi Allah, sesungguhnya saya benar-benar tahu bahwa engkau adalah hanya sekedar batu yang tidak memberikan manfaat dan tidak juga mendatangkan mudarat. Seandainya saya aku tidak melihat Rasulullah saw. menciummu niscaya saya tidak menciummu juga." http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIF
3. Disebutkan dalam hadis sahih, bahwa Rasulullah saw. bersabda, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF
"Sungguh benar-benar Allah akan membangkitkan batu (hajar aswad) pada hari kiamat, baginya ada dua mata yang dapat melihat dan lidah yang dapat berbicara yang akan menjadi saksi bagi siapa yang telah menyalaminya dengan sungguh-sungguh." http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIFTirmidzi telah menshahihkan hadits Rasulullah saw. yang menyebutkan, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF"Hajar Aswad diturunkan dari surga berwarna putih cemerlang seperti putihnya susu, lalu berubah warnanya menjadi hitam oleh kesalahan-kesalahan manusia." Pada lafal yang lain disebutkan, "Sehingga dihitamkan oleh kesalahan-kesalahan orang musyrik." http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIF
DOA KETIKA MENCIUM HAJAR ASWAD
بسم الله والله أكبر، اللهم إيمانا بك، وتصديقا بكتابك، ووفاء بعهدك واتباعا لسنة نبيك صلى الله عليه وسلم
Artinya, "Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, ya Allah, dengan rasa iman (percaya) kepada-Mu dan pembenaran terhadap kitab-Mu dan pemenuhan terhadap janji-Mu dan mengikuti sunnah (ajaran) Nabi-Mu saw."
* Disunahkan mengulang-ulang bacaan doa ini ketika sejajar dengan hajar aswad pada setiap putaran tawaf.



Hijir
Doa di Hijir
يا رب آتيتك من شقة بعيدة مؤملا معروفك، فأنلني معروفا من معروفك تغنيني به عن معروف سواك يا معروفا بالمعروف
Artinya, "Ya Tuhanku! Saya datang kepada-Mu dari jarak yang jauh dengan harapan mendapatkan kebaikan dari-Mu, maka berikanlah kepadaku sebagian dari kebaikan-Mu yang dapat mencukupiku dari kebaikan-kebaikan selain-Mu, ya Allah Yang Dikenal dengan segala kebaikan."

Zamzam
Rasulullah saw. bersabda tentang air Zamzam, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF"Dia adalah makanan yang lezat dan obat yang mujarab." http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIF
1. Dari Ibnu Abbas ra. dia berkata, Rasulullah saw. bersabda, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF" Khasiat air Zamzam sesuai dengan niat orang yang meminumnya." http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIF
2. Ibnu Abbas ra. berkata, bahwa Rasulullah saw. bersabda, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF"Air yang terbaik di atas bumi ini adalah air Zamzam, dia adalah makanan yang lezat dan obat yang mujarab." http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIF
3. Di waktu Muawiah bin Abi Sofyan melaksanakan haji, ketika ia minum air Zamzam ia berkata, "Air Zamzam adalah obat dan khasiatnya sesuai dengan niat orang yang meminumnya."
4. Ibnu Abbas ra. berkata, "Kami menjuluki air Zamzam dengan julukan Syabba'ah (yang mengenyangkan), realitanya memang menjadi penolong terbaik buat keluarga."
5. Dia juga berkata, "Minumlah dari minuman orang-orang yang berbakti, yaitu air Zamzam."
6. Dia juga berkata, "Jika Rasulullah saw. ingin memberikan hadiah kepada seseorang, beliau memberinya air Zamzam."
Makam Ibrahim
Rasulullah saw. bersabda, http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H1.GIF
"Sudut dan Makam Ibrahim adalah dua batu akik yang diturunkan dari surga yang cahayanya telah diredupkan oleh Allah swt. Seandainya tidak, niscaya cahayanya akan menyinari seluruh penjuru dunia dari Timur sampai ke Barat." http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-H2.GIF
Diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra. ia berkata, "Sesungguhnya sudut dan Makam Ibrahim adalah batu akik yang diturunkan dari surga, seandainya bukan karena disentuh oleh dosa-dosa dan kesalahan anak cucu Adam, niscaya akan menyinari seluruh penjuru dunia dari Timur sampai Barat."
Zikir dan Doa
1. Disunahkan membaca firman Allah Taala:
/30 واتخذوا من مقام إبراهيم مصلى
Artinya, "Jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat salat. "
2. Disunahkan salat dua rakaat, pada rakaat pertama membaca surat Al Fatihah dan Al Kafirun, sedang pada rakaat kedua membaca surat Al Fatihah dan Al Ikhlash.
3. Membaca doa:
اللهم أنا عبدك وابن عبدك، أتيتك بذنوب كبيرة، وأعمال سيئة وهذا مقام العائذ بك من النار فاغفر لي إنك أنت الغفور الرحيم
Artinya, "Ya Allah, aku ini adalah hamba-Mu dan anak dari hamba-Mu. Aku datang kepada-Mu dengan dosa-dosa yang besar, dan dengan perbuatan-perbuatan yang jelek. Dan ini adalah tempat orang yang mohon perlindungan kepada-Mu dari api neraka, maka ampunilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Penyayang."






Sai
DOA SAI
اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك, اللهم إني أسألك موجبات رحمتك, وعزائم مغفرتك, والسلامة من كل إثم, والفوز بالجنة, والنجاة من النار, اللهم إني أسألك الهدى والتقى والعفاف والغنى, اللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك. اللهم إني أسألك من الخير كله ما علمت منه وما لم أعلم, وأسألك الجنة وما قرب إليها من قول أو عمل, وأعوذ بك من النار وما قرب إليها من قول أو عمل.
Artinya, " Ya Allah Yang Maha membolak-balikkan hati manusia! Tetapkanlah hatiku pada agama-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu perbuatan-perbuatan baik yang dapat mendatangkan rahamt-Mu, dan perbuatan-perbuatan yang dapat mendatangkan ampunan-Mu, dan keselamatan dari segala dosa, dan kemenangan mendapatkan surga, dan bebas dari api neraka. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu hidayah, ketakwaan, lindungan dan kekayaan. Ya Allah, bantulah aku untuk mengingat-Mu, mensyukuri (nikamt)-Mu dan memperbaiki ibadah kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu segala kebaikan --yang aku ketahui ataupun yang tidak aku ketahui--. Aku memohon kepada-Mu surga dan apa yang dapat mendekatkan aku kepadanya lewat perkataan atau perbuatan. Aku berlindung kepada-Mu dari api neraka dan apa yang dapat mendekatkan aku kepadanya lewat perkataan atau perbuatan. "
SAFA
Disunahkan menaiki bukit Safa dan membaca firman Allah Taala,
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFإن الصفا والمروة من شعائر الله فمن حج البيت أو اعتمر فلا جناح عليه أن يطوف بهما ومن تطوع خيرا فإن الله شاكر عليم http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, " Sesungguhnya Safa dan Marwah adalah sebahagian dari syiar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-umrah, maka tidak salah kalau dia mengerjakan sai antara keduanya. Barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui."
Kemudian menghadap ke arah Kakbah sambil mengucapkan,
الله أكبر الله أكبر, الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا وسبحان الله العظيم وبحمده بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله وحده، أنجر وعده، ونصر عبده، وهزم الأحزاب وحده لا إله إلا الله حقا حقا، لا إله إلا الله تعبدا ورقا، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين.
Artinya, " Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah benar-benar Maha Besar. Segala puji yang banyak hanya untuk Allah. Dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung, dan dengan memujinya pada waktu pagi dan sore hari. Tidak ada tuhan selain Allah semata, yang telah memenuhi janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan golongan-golongan dengan sendiri. Sungguh-sunguh tidak ada tuhan selain Allah, tidak ada tuhan selain Allah Yang patut bagi kami untuk menyembah dan menghambakan diri kepada-Nya. Tidak ada tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah kecuali hanya kepada-Nya dengan mengikhlaskan segala ketaatan kepada-Nya."
MARWAH
Disunahkan menaiki bukit Safa dan membaca firman Allah Taala,
http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B2.GIFإن الصفا والمروة من شعائر الله فمن حج البيت أو اعتمر فلا جناح عليه أن يطوف بهما ومن تطوع خيرا فإن الله شاكر عليم http://hajj.al-islam.com/App_Themes/Blue.id/Images/Tree/MEDIA-B1.GIF
Artinya, " Sesungguhnya Safa dan Marwah adalah sebahagian dari syiar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-umrah, maka tidak salah kalau dia mengerjakan sai antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui."
Kemudian menghadap ke arah Kakbah sambil mengucapkan,
الله أكبر الله أكبر, الله أكبر كبيرا، والحمد لله كثيرا وسبحان الله العظيم وبحمده بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله وحده، أنجر وعده، ونصر عبده، وهزم الأحزاب وحده لا إله إلا الله حقا حقا، لا إله إلا الله تعبدا ورقا، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين.
Artinya, " Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah benar-benar Maha Besar. Segala puji yang banyak hanya untuk Allah. Dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung, dan dengan memujinya pada waktu pagi dan sore hari. Tidak ada tuhan selain Allah semata, yang telah memenuhi janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan golongan-golongan dengan sendiri. Sungguh-sunguh tidak ada tuhan selain Allah, tidak ada tuhan selain Allah Yang patut bagi kami untuk menyembah dan menghambakan diri kepada-Nya. Tidak ada tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah kecuali hanya kepada-Nya dengan mengikhlaskan segala ketaatan kepada-Nya."




Tidak ada komentar:

Posting Komentar